Home » , , , , , , , » Contoh Format RPL Bimbingan Kelompok BK SMP, SMA, SMK 2017 Resmi Kemdikbud

Contoh Format RPL Bimbingan Kelompok BK SMP, SMA, SMK 2017 Resmi Kemdikbud

Contoh Format RPL Bimbingan Kelompok BK SMP/SMA/SMK 2017 Resmi Kemdikbud ini merupakan file terbaru yang akan saya bagikan pada kesempatan kali ini khususnya untuk Guru BK tingkat SMP dan SMA dalam membuat RPL Bimbingan Kelompok. Format ini mengacu pada Panduan BK SMP/SMA yang diterbitkan oleh Kemdikbud.

Rencana Pelaksanaan Layanan (RPL) Bimbingan ini berbeda dengan Format RPL Konseling, jadi ada perbedaan antara format bimbingan dengan format konseling. Bimbingan kelompok adalah bantuan kepada kelompok-kelompok kecil yang terdiri atas 2-10 peserta didik/konseli agar mereka mampu melakukan pencegahan masalah, pemeliharaan nilai-nilai, dan pengembangan keterampilan-keterampilan hidup yang dibutuhkan.

RPL BK Kelompok Kurikulum 2013

RPL BK SMP/SMA/SMK ini dapat anda download melalui link yang saya sediakan dibagian bawah artikel. Tetapi sebelum itu, disini saya lampirkan struktur RPL yang saya kutip dari Panduan dari Kemdikbud.
  1. Komponen Layanan Layanan dasar / responsif
  2. Bidang Layanan Bidang Pribadi-sosial/belajar/ karir
  3. Fungsi layanan Dapat dipilih dari uraian fungsi layanan
  4. Tujuan Tujuan dapat disusun dengan berdasarkan topik atau permasalahan
  5. Topik
  6. Materi, dipilih sesuai dengan tujuan yang akan dicapai, dan menyatu dalam suatu teknik tertentu. Dapat pula dalam bentuk uraian materi yang dibaca peserta didik/ dijelaskan oleh Guru bimbingan dan konseling atau konselor.
  7. Sasaran layanan Tingkat kelas peserta didik/konseli. Semester berapa
  8. Metode dan Teknik, dipilih sesuai dengan tujuan dan materi yang digunakan (diskusi kelompok, sosiodrama, psikodrama, atau teknik inovasinya misalnya games, mind mapping, expresive writing, art therapy, drawing therapy dan lain-lain). 
  9. Waktu, ditulis sesuai dengan kebutuhan kegiatan bimbingan (misalnya: 1 X 40 menit/2 X 45 menit/sesuai jumlah jam yang diperlukan)
  10. Media/Alat Pemilihan media/alat yang akan melengkapi penyampaian materi agar mudah diikuti oleh peserta didik/konseli
  11. Tanggal Pelaksanaan Diisi sesuai dengan tanggal pelaksanaan di suatu kelas tertentu
  12. Sumber bacaan Sumber bacaan yang menjadi materi bimbingan jika diperlukan (buku, internet, artikel, dsb)
  13. Uraian Kegiatan
          - Tahap Awal


Artikel Lainnya !!!
Laporan Pelaksanaan Layanan Bimbingan Kelompok BK
Program Kerja BK (Bimbingan Konseling) SMP
Program Kerja BK (Bimbingan Konseling) SMA/SMK

Diharapkan dengan Contoh Format RPL Bimbingan Kelompok BK SMP, SMA, SMK 2017 Resmi Kemdikbud ini dapat membantu anda dalam menemukan referensi yang cocok untuk anda terapkan disekolah anda. Kritik dan saran sangat saya harapkan demi kemajuan blo ini dimasa mendatang. Dapatkan juga Perangkat BK/ Administrasi BK lengkap dan terbaru untuk semua jenjang mulai dari SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA/SMK secara gratis.

0 komentar:

Posting Komentar