Home » , , , , , , » Contoh Format RPL Bimbingan Klasikal BK SD/MI 2017 Resmi Kemdikbud

Contoh Format RPL Bimbingan Klasikal BK SD/MI 2017 Resmi Kemdikbud

Contoh Format RPL Bimbingan Klasikal BK SD/MI 2017 Resmi Kemdikbud ini akan saya bagikan pada kesempatan kali ini. Mengutip pada Panduan BK dari Ditjen GTK Kemdikbud bahwa yang dimaksud dengan Bimbingan Klasikal ialah kegiatan layanan yang diberikan kepada sejumlah peserta didik dalam satuan kelas satu rombongan belajar dan dilaksanakan di kelas dalam bentuk tatap muka antara guru bimbingan dan konseling atau konselor dengan peserta didik/konseli. Metode bimbingan klasikal antara lain diskusi, bermain peran, dan ekspositori.

Rencana Pelaksanaan Layanan Bimbingan dan Konseling Sekolah Dasar

Rencana Pelaksanaan Layanan BK untuk SD/MI ini dapat anda download melalui link yang saya sediakan dibagian bawah artikel. Tetapi sebelum itu, disini saya lampirkan struktur RPL Bimbingan Klasikal yang saya kutip dari Panduan dari Kemdikbud.
  1. Komponen Layanan ; Layanan dasar / responsif
  2. Bidang Layanan ; Bidang Pribadi-sosial/belajar/ karir
  3. Topik Bimbingan ; Diisi judul layanan bimbingan klasikal/kelas besar/lintas kelas
  4. Fungsi Layanan ; Dapat dipilih dari uraian fungsi layanan
  5. Tujuan Umum ; Tujuan dapat disusun dengan beberapa cara :1. Dirumuskan berdasarkan SKKPD yang sesuai dengan bidang bimbingan, atau.2. Dirumuskan berdasarkan tujuan bidang layanan, atau 3. Dirumuskan berdasarkan bidang masalah
  6. Tujuan Khusus ; 1. Dirumuskan berdasarkan analisis kebutuhan. 2. Dirumuskan secara lebih khusus dan operasional sesuai dengan aspek pengenalan (memperoleh pengetahuan dan pemahaman tentang aspek dan tugas perkembangan (standar kompetensi) yang harus dikuasai), akomodasi (memperoleh pemaknaan dan internalisasi atas aspek dan tugas perkembangan (standar kompetensi) yang harus dikuasai), tindakan (perilaku nyata dalam kehidupan sehari-hari dari aspek dan tugas perkembangan
  7. Sasaran Layanan ; Tingkat kelas peserta didik/konseli. Semester berapa
  8. Materi ; Dipilih sesuai dengan tujuan yang akan dicapai. Bisa dalam bentuk uraian materi yang bisa dibaca siswa/ dijelaskan oleh guru/ atau yang tersirat dalam suatu teknik tertentu.
  9. Untuk selengkapnya silahkan Donwload saja melalui link dibawah ini

Download Format RPL Bimbingan Klasikal BK SD/MI

Artikel Lainnya !!!
Laporan Pelaksanaan Layanan Bimbingan Klasikal BK

Diharapkan dengan Contoh Format RPL Bimbingan Klasikal BK SD/MI 2017 Resmi Kemdikbud ini dapat membantu anda dalam menemukan referensi yang cocok untuk anda terapkan disekolah anda. Kritik dan saran sangat saya harapkan demi kemajuan blo ini dimasa mendatang. Dapatkan juga Perangkat BK/ Administrasi BK lengkap dan terbaru untuk semua jenjang mulai dari SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA/SMK secara gratis.

0 komentar:

Posting Komentar