Home » , , » Peran Guru BK Dalam Membantu Siswa Menentukan Pilihan Jurusan Sekolah/ Perguruan Tinggi

Peran Guru BK Dalam Membantu Siswa Menentukan Pilihan Jurusan Sekolah/ Perguruan Tinggi

Peran Guru BK Dalam Membantu Siswa Menentukan Pilihan Jurusan Sekolah/ Perguruan Tinggi - Berdasarkan riset yang telah dilakukan oleh beberapa sumber, dapat kesimpulan bahwa peran guru BK sangat penting dalam membantu siswa menentukan pilihan sekolah/ perguruan tinggi yang akan dituju. Salah satu tantangan yang dialami adalah keterbatasan informasi berkualitas bagi siswa/i untuk memperluas pilihan kampus. Tetapi pada era teknologi informasi di jaman sekarang ini perlu digarisbawahi bahwa informasi apapun dapat diperoleh dengan mudah melalui internet.

Namun di tengah derasnya arus informasi tersebut, kualitas menjadi sesuatu yang langka. Selain itu, kemudahan untuk membandingkan antara satu kampus dengan kampus lain juga menjadi tantangan karena informasi yang tersebar di berbagai sumber. Quipper Campus menjawab kedua tantangan tersebut melalui kerja sama dengan guru BK dalam menyediakan materi bimbingan karier dan perguruan tinggi.

Surat Rekomendasi Peminatan Jurusan Dari Guru BK

Salah satu guru BK di salah satu sekolah menuturkan bahwa siswa SMA masih memerlukan bimbingan dalam memutuskan jurusan atau kampus yang ingin dituju. “Pada dasarnya mereka masih dalam usia labil kan, jadi apa-apa harus mengikuti tren. Maunya jurusan atau kampus top, tapi terkadang mereka tidak diterima karena ketatnya persaingan atau keterbatasan kuota. Fakta bahwa kuota PTN hanya sepertiga dari lulusan SMA/sederajat dan ada Perguruan Tinggi jenis lain yang dapat mereka pilih harus kita jelaskan sejak awal agar mereka memiliki beberapa rencana. Jadi kami harus membimbing mereka untuk menentukan kriteria yang sesuai dengan minat dan bakat mereka, bahkan terkadang juga mengikuti keinginan orang tua.”

Orang tua yang masih memegang peranan penting dalam penentuan kampus sangat mempertimbangkan perihal jarak dan biaya. Dari sisi siswa, diperlukan peran guru BK untuk membuka wawasan siswa akan beberapa kampus yang menyediakan program yang sesuai minat bakat. Guru BK sepakat bahwa siswa harus mencari informasi yang cukup sebelum menentukan beberapa pilihan alternatif jurusan dan kampus.

Lihat Juga !!!

Dua hal utama yang menarik minat siswa terhadap perguruan tinggi tersebut adalah informasi beasiswa serta program magang yang akan mendukung peluang mahasiswa dalam mencari lapangan pekerjaan setelah lulus. Di samping itu, fasilitas yang dimiliki program studi juga akan menarik tambahan minat siswa dalam memilih kampus tertentu.

Diharapkan dengan Peran Guru BK Dalam Membantu Siswa Menentukan Pilihan Jurusan Sekolah/ Perguruan Tinggi ini dapat membantu anda dalam menambah wawasan anda. Kritik dan saran sangat saya harapkan demi kemajuan blo ini dimasa mendatang. Dapatkan juga Perangkat BK/ Administrasi BK lengkap dan terbaru untuk semua jenjang mulai dari SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA/SMK secara gratis.

0 komentar:

Posting Komentar